Bismillaahirrahmaanirrahiim...
A. Pendahuluan
Sebagai wujud dan tanggung jawab sosial kepada masyarakat, Lembaga Pendidikan – Dakwah dan Sosial (LPDS) Pelita Harapan Ummat yang berkedudukan di Kabupaten Malang, didirikan dengan Anggaran Dasar sebagaimana tercantum dalam Akta Notaris Faisal Weber, SH. No.5 Tanggal 20 Februari 2013 dan telah terdaftar pada Pengadilan Negeri Malang di Kepanjen dengan nomor regristrasi No.II/UR/III/2013 serta nomor NPWP: 31.703.8-657.000. Lembaga ini didirikan oleh 7 (tujuh) orang pendiri dengan Dewan Penasihat dan Dewan Pengawas yang bergelar Profesor dan Doktor (terlampir). Didirikannya lembaga ini bertolak dari keinginan hati yang mendalam dari para Dewan Pendiri untuk berpartisipasi dalam mendidik putra-putri Indonesia menjadi Generasi Rabbani, generasi Unggul yang memiliki kecerdasan secara intelektual, emosional dan spiritual serta kecerdasan sosial.
Dalam perkembangannya, untuk meningkatkan layanan maka pada tahun 2015 LPDS Pelita Harapan Umat berubah menjadi Yayasan Pelita Harapan Umat.
Dalam perkembangannya, untuk meningkatkan layanan maka pada tahun 2015 LPDS Pelita Harapan Umat berubah menjadi Yayasan Pelita Harapan Umat.
B. Latar Belakang
Lahirnya konsep pendidikan ini dilatarbelakangi adanya permasalahan lulusan peserta didik yang kurang memahami ajaran islam serta praktik pengamalannya dalam kehidupan sehari-hari yang jauh dari nilai-nilai Islam. Hal ini terjadi disebabkan karena kurikulum pendidikan nasional tidak cukup memberi ruang kepada terselenggara-kannya pendidikan pengetahuan agama dan pembiasaan akhlak yang memadai. Di samping itu, orangtua yang tidak memiliki waktu dan kemampuan yang cukup dalam mengajarkan nilai-nilai agama kepada anaknya menjadi salah satu penyebab munculnya permasalahan tersebut di atas.
Sistem pendidikan Islam Terpadu telah terbukti menjadi salah satu model pendidikan yang integral, yang memadukan konsep pendidikan berbasis kurikulum Pendidikan Nasional dipadukan dengan Konsep pembinaan karakter melalui penanaman nilai-nilai ke-Islaman secara prkatek dan teori. Pada umumnya Sekolah yang konsep pendidikannya menggunakan Pendidikan Islam Terpadu” telah mampu bersaing dan menjadi sekolah unggulan.
Salah satu kunci dari keberhasilan konsep pendidikan ini adalah adanya pembinaan dan pembelajaran yang komprehensif, yang akan dibimbing dan diasuh oleh guru dan para asatidz yang ikhlas mengajar dan mendidik karena Allah swt. Oleh karena itu sistem pendidikan Islam Terpadu dengan karakternya yang spesial seperti itu mesti dilanggengkan serta dikembangkan sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman.
Untuk itulah sekolah yang mengusung konsep Pendidikan Islam Terpadu pada akhirnya menjadi solusi yang tepat bagi orang tua yang menginginkan putra-putrinya cerdas secara intelektual, baik secara emosional dan sholeh secara spiritual dan sosial. Dengan spirit ini, maka dengan izin Allah S.W.T, Yayasan “Pelita Harapan Umat” bertekad untuk mendirikan sekolah unggulan yang dapat memenuhi kebutuhan ummat Islam saat ini serta harapan di masa mendatang. Untuk itu Lembaga senantiasa akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pengadaan sarana-prasarana pendidikan yang memadai serta meningkatkan kemampuan dan profesionalisme para Guru dan Asatidz-asatidzah yang ada di lingkup sekolah yang dikelola oleh lembaga. Inilah landasan utama berdirinya yang mudah-mudahan menjadi medan setiap hamba Allah untuk berlomba-lomba dalam kebaikan dan taqwa sebagai wujud aktualisasi makna ber-ibadah kepada Alah S.W.T. Dengan demikian, pendirian sekolah tersebut dapat menjadi medan amal jariyah bagi setiap ummat Islam (muhsinin) yang ingin memberikan kontribusi, baik dukungan materiil maupun moril.
C. Uraian Singkat SDIT Pelita Harapan Umat
Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) “Pelita Harapan Umat”, yang selanjutnya disingkat dengan SDIT Pelita Harapan Umat adalah sekolah pendidikan formal pada jenjang dasar yang memadukan konsep kurikulum Pendidikan Nasional dengan Pendidikan Islam secara terpadu. SDIT “Pelita Harapan Umat” akan memulai kegiatan pembelajaran tahun 2014/2015 dengan memadukan konsep pembelajaran dengan materi pendidikan nasional dan pembinaan ke-Islaman yangs ecara konprehensif dan berketeladanan.
Untuk memberikan garansi terhadap kualitas mutu dan profesionalisme dari tenaga pendidik Pengelola Lembaga telah menyiapkan proses “Magang” bagi semua guru dan pengajar yang bekerjasama dengan “SDIT Insan Permata Kota Malang”, yang lebih dahulu lahir dan mencetak prestasi. Di samping itu, Manajemen Lembaga akan melakukan evaluasi kegiatan pembelajaran secara berkala guna memantau perkembangan peserta didik, serta perkembangan pembelajaran yang lebih baik. Dengan demikian kita berharap agar mutu kelulusan dari peserta didik yang dibina di sekolah ini akan melahirkan lulusan yang mempunyai prestasi, baik secara akademik maupun praktek keseharian dalam bidang keagamaan (Islam).
Visi Sekolah
Mencetak Generasi Rabbani yang mencintai Allah S.W.T dan menjadikan Al-Qur’an dan Sunnah sebagai pandangan dan jalan hidupnya serta menjadikan ilmu dan pengetahuan untuk kemaslahatan hidup bermasyarakat, bangsa dan agama.
Misi Sekolah
Memberikan bekal Al-Qur’an dan as-Sunnah serta Sains dan Teknologi untuk mewujudkan Generasi Rabbani yang Mandiri, Santun dan Berakhlaq Mulia berlandaskan Al-Qur’an dan as-Sunnah, menguasai Sains dan Teknologi, yang memiliki kecerdasan spiritual, kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan sosial yang baik.
Motto Sekolah
Allah adalah Tujuan kami, Nabi Muhammad adalah tauladan kami, al-Qur’an adalah pedoman kami, As-Sunnah adalah lentera kami, Hidup Mulia adalah cita-cita kami dan Memberikan yang terbaik adalah semangat hidup kami.
D. Tujuan
- Membantu pemerintah dalam mencerdaskan generasi penerus bangsa
- Menyediakan sarana-prasarana pendidikan yang bermutu dengan konsep terpadu antara Kurikulum Pendidikan Nasional dengan Pembentukan Karakter anak didik dengan nilai-nilai Islam
- Menyediakan kegiatan pembelajaran dengan biaya terjangkau, yang memadukan konsep subsidi silang, antara pihak kaya dan pihak yang berkemampuan ekonomi kurang. Hal ini untuk menjawab kian mahalnya biaya pendidikan yang ada di Malang Raya dan sekitarnya
- Memberi bekal dasar bagi anak-anak untuk menjadi generasi yang mencintai Al-Qur'an dan menjadikan Al-Qur'an sebagai pandangan dan jalan hidupnya.
- Memberikan bekal dasar bagi anak-anak untuk menjadi generasi yang seimbang antara aspek jasmani dan rohani.
- Memberikan bekal dasar pada anak-anak keilmuan yang aplikabel untuk menghadapi tantangan kehidupan masa depan.
- Menjadikan anak memiliki dasar ketrampilan hidup dan tumbuh sikap kepemimpinan yang bertanggung jawab.
- Memiliki kemampuan komunikasi bahasa nasional dengan baik, serta mempunyai kemampuan dasar berbahasa internasional (Arab dan Inggris)
- Dengan lahirnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, terdidik serta berakhlaq mulia akan meningkatkan daya saing ummat Islam khususnya serta bangsa Indonesia dalam percaturan global.
E. Output
Setelah menyelesaikan kegiatan pembelajaran di SDIT Pelita Harapan Umat, diharapkan setiap peserta didik (siswa) akan memiliki keunggulan sebagai berikut:
- Beraqidah yang kokoh
- Beribadah yang benar
- Berakhlaq mulia
- Menghafal Al-Qur’an juz ke-30
- Tuntas belajar dengan nilai KBK minimal 80
- Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia yang baik
- Memahami dasar-dasar Bahasa Internasional
- Bersosial yang santun
- Berdisiplin yang teguh
- Bermental mandiri dan maju
- Cinta ilmu dan berwawasan luas
F. Manajemen Program Pengajaran
- Program kerja tahunan disusun oleh Direktur Pendidikan Lembaga dan Kepala Sekolah. Selanjutnya para guru dan asatidz-asatidzah mengembangkannya sesuai dengan kebutuhan pembelajaran di kelas masing-masing.
- Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) disusun secara bersama antara Guru/Asatidz-Asatidza dengan Kepala Sekolah sesuai dengan Tema Pembelajaran tiap-tiap kelas
- Setiap bulan minimal mengadakan pertemuan/ rapat bulanan untuk melaporkan hasil rapat berkala guru-guru guna mengevaluasi kegiatan satu bulan yang sudah dilewati dan merencenakan kegiatan satu bulan ke-depan
- Mengadakan evaluasi dan pencatatan terhadap perkembangan peserta didik untuk diketahui kekurangan dan kebutuhan yang perlu segera mendapat perhatian dan tindak lanjut.
G. Manajemen Program Anak Didik
- Secara intensif memberikan pengajaran, pendampingan dan praktikum kepada anak didik untuk mata pelajaran yang mengacu Kurikulum Pendidikan Nasional
- Secara intensif memberikan pengajaran dan pendampingan kepada anak didik dengan Program “Baca al-Quran” dan Program “Iqomatu Sholat”
- Mengadakan kegiatan “Menyambut Dhuha” dan “Mabit” secara terbimbing
- Mengadakan kegiatan Kepramukaan dan Kepanduan
- Mengadakan kegiatan Tadabur Alam sesuai Mata Pelajaran Tema
- Berpartisipasi dalam peringatan hari-hari besar Agama Islam
- Mengikutsertakan anak didik pada lomba-lomba yang diadakan oleh instansi pemerintahan maupun swasta
- Mengadakan kegiatan ekstra berupa “Kegiatan Sosial Kemasyarakatan”
H. Manajemen Program Kepala Sekolah dan Guru
- Mengikuti program pelatihan kurikulum Sekolah Dasar yang diadakan pemerintah, JSIT maupun swadana dari Lembaga
- Terlibat aktif dalam Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT), baik tingkat Kabupaten, Provinsi maupun Nasional
- Mengikuti perlombaan antar Sekolah, Kepramukaan tingkat kabupaten/kota dan lain-lain yang berhubungan dengan Pendidikan Tingkat Dasar
- Mengikuti pertemuan-pertemuan dan pembinaan Guru yang diadakan oleh Dinas Pendidikan dan Pengawas Sekolah dan Lembaga
- Mendaftarkan Guru yang berprestasi untuk memperoleh Sertifikasi dari Pemerintah
- Menerapkan prinsip-2 Syari’ah dan manajemen moderen dalam mengelola Sekolah
I. Manajemen Kepegawaian dan Umum
- Membantu mengusulkan insentif guru swasta ke Pemerintah Daerah
- Mengadakan studi banding dengan Sekolah Unggulan lain yang ada di Indonesia
- Mengundang nara sumber dalam kegiatan pelatihan dan peningkatan kapasitas para guru dan asatidz-asatidzah dengan berbagai tema yang diperlukan
- Mengundang Pengawas dalam rangka pembinaan sekolah
- Mengadakan pertemuan dan Kajian Ke-Islaman secara rutin dengan Komite Sekolah.
J. Manajemen Sarana dan Prasarana
- Merencanakan anggaran yang memadai untuk pengadaan dan peningkatan kualitas sarana-prasarana yang menunjang kegiatan pembelajaran
- Menggunakan sarana dan prasarana yang ada di sekolah dengan baik (efektif dan efesien)
- Perbaikan dan pengadaan Alat Peraga Edukasi (APE) dan kebutuhan sarana-prasarana di setiap kelas yang ada di sekolah
- Menginventaris (mendata) sarana dan prasarana yang ada di sekolah
- Mengembangkan kerjasama dengan pihak lain untuk optimalisasi kegiatan pembelajaran peserta didik (siswa)
- Memelihara sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah, dengan melibatkan peran aktif dari pihak Manajemen Lembaga dan Orangtua Siswa.
K. Sarana dan Prasarana Sekolah
- Ruang Pembelajaran untuk siswa kelas 1 hingga kelas 6
- Ruang Guru dan Kepala Sekolah
- Ruang Praktek/ Laboratorium
- Ruang Usaha Kesehatan Sekolah
- Ruang Perpustakaan
- WC / Kamar kecil
- Ruang Dapur
- Lapangan Sekolah
L. Alat Bermain / Peraga Pendidikan
- Sentra Agama / Ibadah
- Sentra Sains dan Teknologi
- Sentra Seni dan Kreatifitas
- Sentra Jasmani dan Kesehatan
- Sentra Kepanduan
M. Struktur Organisasi
Kepala Sekolah: Budi Harsih, SP.
Bendahara Sekolah : Ina Hidayati, S.Pd.I
Bidang Administrasi: Sary Nur Handayani
Bendahara Sekolah : Ina Hidayati, S.Pd.I
Bidang Administrasi: Sary Nur Handayani
Wakil Kepala :
- Kurikulum: Fevi Swandayani, S.Pd
- Kesiswaan : Ferry Hunsiniati, S.Pd.I
- Sarana Prasarana: Yudha Pandu Kristiawan, S.Pd.
- Kelas 1 : Rodiyah Ardana, S.Pd.I
- Kelas 2 : Rizky Ananta, S.Pd.
- Kelas 3 : Syarif Hidayatullah, S.Hum
- Kelas 4 : Sary Nur Handayani, S.Pd.
- Kelas 5 : Fevi Swandayani, S.Pd
- Kelas 6 : Ferry Hunsiniati, S.Pd.I
- Mapel Agama : Brilliant Putri Pertiwi, S.Pd.I
- Mapel Olahraga: Yudha Pandu Kristiawan, S.Pd.
- Mapel Bahasa Arab: Heni, A.Md.
- Mapel Bahasa Jawa: Yudha Pandu Kristiawan, S.Pd.
- Mapel Sain : Rizky Nuzul, S.Pd.
N. Manajemen Keuangan
1. Sumber Keuangan
- Uang Pendaftaran dan Pembangunan dari Siswa Baru
- SPP tiap Bulan dari peserta didik
- Bantuan dari Lembaga
- Bantuan dari Instansi Pemerintah
- Sumbangan dan Hibah dari Muhsinin
- Dari sumber lain yang bersifat halal dan tidak melanggar ketentuan undang-undang dan peraturan pemerintah
- Keperluan Administrasi
- Keperluan kegiatan proses pembelajaran
- Pengadaan dan perbaikan alat peraga edukasi
- Honor dan tunjangan para guru-guru dan asatidz-asatidzah
- Biaya rapat berkala dan iuran-iuran guru
- Biaya peringatan hari besar Agama dan Nasional
- Biaya untuk kegiatan ekstra kurikuler
- Biaya pengadaan Buku Pelajaran dan pendukungnya
O. Administrasi dan Dokumentasi
Melengkapi administrasi : buku tamu, agenda, ekspedisi, notulen rapat, buku absen, buku induk, dan laporan bulanan serta dokumentasi kegiatan Sekolah.
Untuk menjangkau masyarakat secara luas serta sebagai upaya mewujudkan professionalme, maka aktivitas dan dokumentasi kegiatan Sekolah akan ditampilkan secara Online melalui website: www.pelitaharapan.org
P. Program Kegiatan Sekolah
- Pengenalan masuk sekolah (orientasi siswa)
- Pembelajaran mata pelajaran secara berkelanjutan
- Pembelajaran kegiatan ibadah dan tahfidz al-Quran
- Mengadakan kegiatan praktikum
- Mengadakan peringatan hari-hari besar agama
- Berpartisipasi dalam hari besar nasional
- Mengikuti kegiatan lomba antar sekolah
- Mengadakan kegiatan ekstrakurikuler siswa
- Mengadakan kegiatan sosial kemasyarakatan
- Mengadakan pelepasan anak didik
Q. Partisipasi Masyarakat
Masyarakat dapat berpartisipasi dan berberan aktif dalam pengembangan sekolah SDIT Pelita Harapan Umat, melalui:
- Kegiatan Komite Sekolah
- Kegiatan Kajian rutin ke-Islaman yang diadakan sekolah
- Kegiatan Bakti Sosial
- Kegiatan menyambut hari besar agama dan hari besar nasional
R. Tahapan Persiapan Pendirian Sekolah
Untuk tercapainya kegiatan pembelajaran tingkat dasar melalui SDIT Pelita Harapan Umat, saat ini Yayasan Pelita Harapan Umat tengah menyiapkan persyaratan administratif dan sarana-prasarana yang dibutuhkan untuk kegiatan belajar-mengajar, dengan tahapan sebagai berikut:
I. Tahun Anggaran/Ajaran 2020-2021
- Pengadaan gedung/ruang guru dan pembelajaran siswa, minimal terdiri dari 2 ruang kelas dan 1 ruang guru, dengan alternatif pilihan:
- Menyewa gedung/ruang milik masyarakat
- Meminjam gedung/ruang kepada muhsinin yang memiliki gedung yang tidak dimanfaatkan secara optimal
- Penyiapan Kurikulum, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Silabus serta Buku Pelajaran
- Penyiapan disain seragam sekolah dan Peralatan Belajar Siswa
- Penyiapan sarana-prasarana pembelajaran, termasuk Alat Bantu Edukasi (APE)
- Penyiapan Anggaran Biaya untuk terselenggaranya kegiatan Sekolah
- Penyiapan MOU dengan LPIT Insan Permata untuk rencana Magang Guru dan Petugas Tata Usaha Sekolah
- Rekrutmen tenaga pendidik (Guru Pengajar)
- Penyiapan Perizinan Pendirian Sekolah ke Dinas Pendidikan dan Kementerian Pendidikan dan Budaya
- Pembukaan Pendaftaran Siswa Baru Tahun Ajaran 2014/2015
- Memulai Kegiatan Pembelajaran Tahun Ajaran 2014/2015.
- Upaya mendapatkan/pembelian lahan untuk lokasi Sekolah:
- Menjajagi kerjasama dengan berbagai pihak untuk pengadaan dan pengelolaan lahan/tanah untuk pendirian sekolah. Sekolah yang dimaksud berorientasi di wilayah kecamatan Dau dan sekitarnya
- Membuka iklan dan menyebar proposal kepada Muhsinin yang berminat mewakafkan tanahnya untuk dikelola oleh Lembaga
- Membuat proposal penggalangan dana untuk pembelian tanah dan pendirian bangunan Sekolah
- Selanjutnya, sesuai dengan program kerja yang telah dibuat, pada tahun berikutnya akan diupayakan memulai proses perizinan dan pendirian Bangunan Gedung yang akan digunakan sebagai pusat pembelajaran SDIT Pelita Harapan.
Alamat: Jl. Kenanga, Dusun Krajan, RT.05/RW.03
Desa Sumbersekar, Kecamatan Dau
Desa Sumbersekar, Kecamatan Dau
Kabupaten Malang - Provinsi Jawa Timur.
Kode Pos 65151
Kode Pos 65151